Pemberdayaan Remaja Desa Taman Sukosewu Melalui Media Digital

  • Ulwi Nuril Kusniana Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo; Indonesia
  • Rinesti Witasari Institute Agama Islam Sunan Giri Ponororgo
Keywords: Empowerment Digital Literacy, Village Potential

Abstract

Tujuan dari Pemberdayaan remaja di desa wisata seperti Taman Sukosewu adalah langkah penting untuk mengembangkan potensi lokal dan meningkatkan partisipasi para remaja dalam pengelolaan desa wisata. Pemberdayaan remaja melalui pelatihan media digital merupakan langkah yang sangat strategis untuk meningkatkan minat pengunjung ke Taman Sukosewu. Dengan memanfaatkan keterampilan digital, remaja dapat membantu mempromosikan desa wisata secara lebih efektif. Metode penelitian yang saya gunakan yaitu Metode ABCD. Dengan menggunakan metode ini maka para remaja akan lebih berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan remaja melalui media digital. Pendekatan berbasis asset memasukkan cara pandang baru yang lebih holistik dan kreatif dalam melihat realitas. Hasil penelitian menemukan bahwa perlunya kerjasama antar para remaja maupun masyarakat untuk mempublikasikan Taman Sukosewu agar lebih dikenal oleh berbagai orang.Kesimpulan dari pemberdayaan remaja melalui media digital adalah agar para remaja desa dapat lebih berpartisipasi, mengetahui dan memahami pentingnya media digital di era globlalisasi, serta diharapkan dapat membantu mempublikasikan Taman Sukosewu yang menjadi tempat wisata di Desa Sukorejo agar dapat lebih menarik minat pengunjung dan diketahui oleh berbagai khalayak.

References

Djata, Baltasar Taruma. 2022. “Pemberdayaan Masyarakat melalui Digitalisasi Berbasis Potensi Desa di Desa Niramesi Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende.” Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (3): 195–201. https://doi.org/10.37478/mahajana.v3i3.2165.
Egar, Ngasbun, Fitri Yulianti, Siti Musarokah, dan Donny Anhar Fahmi. 2019. “Pemberdayaan Remaja Desa Wisata Bendosari Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal Melalui Pelatihan Pembuatan Papan Informasi Berbahasa Inggris dan Indonesia.” Journal of Dedicators Community 3 (1): 62–70. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i1.794.
Mumtaz, Ais Tsurayya, dan Mila Karmilah. 2022. “Digitalisasi Wisata di Desa Wisata.” Jurnal Kajian Ruang 1 (1): 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790.
Perwirawati, Elok, dan Juprianto Juprianto. 2019. “Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kemaritiman Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pulau Banyak.” Jurnal Darma Agung 27 (1): 871. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i1.143.
Rahim, Abd, dan Mutiara Indah. 2024. “Pentingnya Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Remaja.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2): 1–6.
Sari, Yunita. 2022. “Literasi Media Digital Pada Remaja, Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial.” juni 2022 8 (1): 12–25.
Setyanugraha, R Satria, dan Widadatul Ulya. 2022. “Pelatihan Media Digital Dalam Pemasaran Pariwisata Dan Pemahaman Pentingnya Legalitas Hukum Pirt Pada Prodak Umkm” 2 (2): 5–12.
Published
2024-09-12
Abstract views: 7 , PDF downloads: 6