P Pendampingan Pemahaman Langkah Pembelajaran Bagi Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Al-Islam Joresan
Abstract
Artikel ini membahas peran penting dari bimbingan efektif yang diberikan oleh pendidik dalam keberhasilan pembelajaran Akidah Akhlak. Guru berperan sebagai fasilitator yang tidak hanya menyampaikan materi teoritis tetapi juga memotivasi dan membimbing siswa dalam menerapkan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Pengamatan proses pembelajaran pada MA Al-Islam kelas 12 Joresan Ponorogo mengungkapkan penggunaan pendekatan bertahap, diskusi kelas, refleksi pribadi, dan metode pembelajaran aktif. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang Akidah Akhlak dan membantu mereka menerapkan nilai-nilai ini dalam situasi kehidupan nyata secara efektif. Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang terus-menerus, seperti pengaruh negatif lingkungan sosial dan kurangnya motivasi diri di antara siswa. Mengatasi masalah ini membutuhkan pendekatan pribadi yang mempertimbangkan kebutuhan siswa individu dan memperkuat kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat. Upaya kolaboratif tersebut sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memastikan keberhasilan pembelajaran Akidah Akhlak dalam jangka panjang, baik dalam aspek akademik maupun pengembangan karakter.
References
Burhanuddin. Etika Individual. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Direktorat Bantuan Sosial. Pedoman Pendamping Pada Rumah Perlindungan Dan Trauma Center. Jakarta: Departemen Sosial, 2007.
Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019.
Ilhan, Fatih, Burhan Ozfidan, and Sabit Yilmaz. “Home Visit Effectiveness on Students’ Classroom Behavior and Academic Achievement.” Journal of Social Studies Education Research 10, no. 1 (2019): 61–80.
Kutsiyyah. Pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: CV Duta Media, 2019.
Minsih, and Galih Aninda. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas 24.” Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 5, no. 1 (2018).
Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2014.
Suyanto. “Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan Islam Vol.3 No.3 (2019).
Syaifuddin, Mufti, and Amirullah Amirullah. “Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Home Visit (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumenep).” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 8, no. 2 (2020): 107–17.
Copyright (c) 2024 Badiul Khasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.